Selamat Datang, Konichiwa, Annyounghaseo, Welcome...

hai, welcome to my so called "blog". enjoy and please take a medicine before you read it...

Sunday, June 6, 2010

NJAWI

Kuliah diluar kota bagi remaja tanggung lulusan SMA pelosok-pelosok Indonesia seperti gue merupakan sebuah mimpi, cita-cita dan tujuan hidup. Target-target universitas yang paling banyak dituju tentu saja tidak lain tidak bukan adalah universitas-universitas di pulau JAWA, entah itu jawa barat, jawa tengah atau jawa timur.

So waktu gue SMA dulu banyak temen-temen gue berbondong-bondong buat daftar ke universitas yang ada di jawa. Ada yang ke UI, UNDIP, UGM, ITB, TRISAKTI, UNIBRAW, UNMUH, ITS, UNAIR, UBAYA, dll. Sedangkan gue daftar di UNIBRAW di malang.

Kuliah di Jawa membuat gue sadar bahwa, untuk berkomunikasi 90% pake bahasa jawa. Nah sedangkan bahasa jawa yang gue ngerti itu Cuma “mangan’e sikil’e konco ne”, yang artinya makan kaki teman sendiri. Gimana mau survive di jawa kalau skill bahasa jawa gue setaraf pentium 1 ??? otak gue berpikir cepat, tapi sayang berpikir cepatnya gue sama dengan berpikir super duper mega dahsyat fantastis bombastis lambatnya orang jenius. Orang jenius 1 + 1 = 2, gue 1 + 1 = 29.878.976.254.330. Daya khayal gue lebih hebat dari daya nalar gue.

Well anyway, gue harus bisa bahasa jawa dalam waktu singkat. N inilah untungnya punya sanak famili yang berkebangsaan jawa ma man !!! Demi melancarkan proses perkuliahan gue yang which is biar bahasa jawa gue lancar maka kursus privatlah gue dengan kakak sepupu gue, nenek gue, om gue n tante-tante gue yang dimana mereka adalah jawa tulen.

Proses privat gue berjalan dengan cukup lancar. Setiap harinya gue mencoba memperkaya vokeb bahasa jawa gue. Gue belajar grammar jawa, baca = j****k. Gue belajar budaya jawa, gue belajar macem-macem tentang jawa. Gue juga sempat berpikir buat beli kamus bahasa jawa, gue cari di GRAMED tapi ga ada, sayang... 

Lama gue belajar bahasa jawa, gue belajar dari bahasa jawa formal sampai yang informal. Sekarang gue udah ngerasa siap, n saat itu juga pas-pasan gue besok masuk masuk kuliah stelah habis libur semester. Wow...ini merupakan saat yang tepat buat gue menunjukan skill berbahasa jawa gue setelah sebelumnya gue cuma bisa manggut-manggut doank waktu temen gue ngomong pake bahasa jawa. Malemnya gue tidur pules kayak babi hibernasi. Besoknya gue bangun pagi banget, gue kroscek persiapan atau lebih tepatnya kesiapan bahasa jawa gue. Gue latihan di cermin, praktekin apa yang udah gue pelajarin dari masetro bahasa jawa, baca = nenek. Tampaknya gue udah siap lahir batin, muka gue udah lebih jawa dibanding orang jawa sendiri. Gue siap-siap, mandi, pake baju, pake celana n ga lupa pake kolor. Semua udah set, gue siap maju ke medan perang. I feel like i’m being reborn..uuwwoooohhhh !!!!

Sampai di kampus tampaknya lancar-lancar aja, ga ada tanda-tanda tsunami. Gue ngeloyor ke kelas nungguin temen-temen gue yang belom pada dateng. Ga berapa lama ada temen gue yang orang jawa dateng. Gue pikir inilah saatnya, inilah the timing yang tepat buat praktekin bahasa jawa gue huahahahahaha.

Selanjutnya inilah sepenggal obrolan gue dengan temen gue yang orang jawa yang selanjutnya disingkat jadi (TGYOJ).

Gue : “halo rek, piye kabare ?”

TGYOJ : “apik ae awak ku, awak mu piye prin ? apik ae ta ?”

Gue : “yo apik ae. Dolanan nang endi awak mu ? muleh ta ?”

TGYOJ : “iyo muleh awak ku. Ora dolanan nang endi-endi. Males nang endi-endi, sak pray awak ku nang omah tok. Kon muleh ta ?”

Gue : “ora...ndek malang ae. Ora ono duwe’ buat muleh. Pengen’e sih muleh, wes suwe ora muleh awak ku.”

Sampai detik itu, saat itu gue lancar-lancar aja berbahasa jawa. Tapi ma pren, setelah cukup lama ngobrol ngalur ngidul. Temen gue makin kalap ngomong pake bahasa jawa, dia terus-terusan ngomong pake bahasa jawa. Ga pake titik koma, dia nyerocos aja. Mana speed ngomongnya makin cepet lagi.

TGYOJ : “eh kon ngerti ga ? %$#@*&! Bla...bla...bla...”

Gue : “ ooo...gitu ?”

TGYOJ : “iyo...la terus bla...bla...bla...bla...@#$%&*...”

Gue : ........

Otak gue overload, gue ga bisa ngikutin bahasa jawa nya. Gue nyerah, sarap otak gue bisa putus kalau ngikutin omongannya. Disaat kayak gini gue berharap kalau di dunia nyata tu ada subtittle nya. Jadi kan enak kalau kita ga ngerti apa yang diomongkan, tinggal liat subtittle nya aja, mengertilah kita. Problem dalam berbahasa akan terpecahkan. Biar kita ngomong sama orang zimbabwe kek, ethiopia kek, amerika kek, australia kek, inggris kek sampai alien kek, kita pasti ngerti. Asoy....

Tapi seperti yang gue bilang sebelumnya, daya khayal gue lebih hebat dari daya nalar gue. Jadi gue memang bisanya cuma ngayal doank. So disinilah gue, Cuma manggut-manggut aja dengerin temen gue ngomong. Maafkanlah panda mengandung...

No comments:

Post a Comment